Selasa, 20 Maret 2012

Pengenalan Komputer

PENGENALAN KOMPUTER
Komputer merupakan sebuah sistem yang sangat komplek. Membahas masalah komputer berarti kita tidak hanya membahas seperangkat peralatan yang terdiri dari Monitor, CPU dan Keyboard saja, tetapi kita juga perlu membahas tentang perangkat lunak yang digunakan termasuk sistem operasi dan aplikasinya.
Secara garis besar komputer terdiri dari 2 unsur utama yaitu perangkat keras ( hardware) dan perangkat lunak (software).

•Hardware
- Input device yaitu peralatan untuk memasukan data ke dalam komputer, terdiri dari keyboard dan mouse.
- Central processing unit yaitu peralatan yang berfungsi memproses data
- Output device yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemprosesan data yang termasuk dalam katagori ini adalah Monitor.
• Software
- Sistem Operasi yaitu software komputer yang berfungsi untuk menjalankan komputer. Bisa juga disebut sebagai “nyawa” komputer. Yang termasuk dalam kelompok ini yaitu Window (semua seri), Linux, Unix, dll.
- Aplikasi yaitu software yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan.
Contoh software aplikasi : Pengolah kata (Word Star, Word Perfect, Microsoft word, dll ) pengola data (Lotus, Microsoft Excel, Microsoft Access, Spss dll), pembuat gambar (Corel Draw, Pagemaker, Auto Cad, dll), pembuat gambar animasi (Macromedia Flash), pemutar audio dan video ( Winamp, Xing Mpeg, Jet Audio, dll) dan masih banyak lagi yang lainnya.
- Driver yaitu software yang digunakan untuk membantu pemasangan peralatan tambahan pada komputer.
Contoh : Driver Printer, Driver Modem, dll.
- Bahasa Program yaitu software yang digunakan untuk membuat program aplikasi Contoh : Basic, Pascal, Visual basic, dll.

Menghidupkan Komputer
Untuk memulai penggunaan komputer, maka kita harus menekan tombol power yang ada pada CPU (tombol yang paling besar). tunggu beberapa saat sampai komputer selesai melakukan proses booting.

Mematikan Komputer
Mematikan Komputer dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut : Start → Turn Off Computer → pilih pilihan Shutdown → tunggu sampai muncul tulisan it’s now safe to turn off your computer tekan tombol Power.
>

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites